Rabu, 07 April 2010

Contoh RPP Pendidikan IPA SD Kelas IV Semester II

RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
DESAIN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN IPA SD II
||
||

OLEH : ANNISA RAHMAWATI
NIM : A1E309088
||

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
2010
SATUAN PENDIDIKAN : SD / MI
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS / SEMESTER : IV / II

SUB POKOK BAHASAN : PENERAPAN KONSEP
PERUBAHAN ENERGI GERAK
AKIBAT PENGARUH UDARA
ALOKASI WAKTU : 2 JAM Pelajaran ( 2 x 35 menit )


A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

B. KOMPETENSI DASAR
8.3. Membuat suatu karya / model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara. Misalnya : roket dari kertas / baling baling pesawat kertas.
C. INDIKATOR
Membuat suatu karya/model sesuai rancangan.
Menguji model / karya yang di buat dan disempurnakan.
D . TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik diharapkan dapat :
1. Memahami materi perubahan energi gerak akibat pengaruh udara.
2. Membuat suatu karya / model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara. Misal : roket dari kertas / baling baling pesawat kertas.
3. Mendemonstrasikan hasil karya nya tersebut.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Penerapan konsep / materi perubahan gerak akibat pengaruh udara.
F. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN.
1. Pendekatan : Konstektual
2. Metode : CERAMAH, DISKUSI, TANYA JAWAB, PENUGASAN.
G. SARANA PENUNJANG
1.Alat peraga :
Kertas untuk membuat karya / model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara. Misal : roket dari kertas / baling baling pesawat kertas, gambar-gambar tentang benda yang menerapkan konsep perubahan energi gerak akibat pengaruh udara.
2. Sumber dan Bahan pembelajaran :
Kurikulum, buku-buku pelajaran IPA SD kelas IV semester II yang relevan.

H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Tahapan kegiatan Kegiatan
Kegiatan awal / Pendahuluan ~ Guru memperlihatkan gambar roket, baling-baling, pesawat dan parasut dan siswa di minta mengamati nya.
~ Tanya jawab mengenai gambar dan perubahan energi yang di aplikasikan pada roket, baling-baling, parasut.

Kegiatan Inti ~ Guru menjelaskan penerapan konsep perubahan gerak akibat pengaruh udara.
~ Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok.
~ Guru menjelaskan rancangan pembuatan model roket, baling-baling, dan parasut.
~ Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk menentukan/ memilih alat, bahan, yang akan di gunakan untuk membuat model roket, baling-baling dan parasut.
~ Setiap kelompok mendemonstrasikan hasil karya model roket, baling-baling dan parasut kelompok nya, sedangkan kelompok yang lain menanggapinya.

Kegiatan Akhir/Penutup ~ Peserta didik membuat laporan hasil diskusi
~ Guru memberikan kesimpulan dan pesan bahwa berbagai bentuk energi apabila di gunakan dengan sebaik-baik nya akan bermanfaat dan dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
~ Guru memberikan pengharagaan kepada kelompok yang kerja nya maksimal dan memberikan nasehat untuk penyempurnaan bagi kelompok yang kurang maksimal.


I. PENILAIAN

1. Tes Tertulis
2. Hasil Laporan Kelompok ( diskusi kelompok )

Contoh Soal :

1. Apa yang di maksud dengan energi…..?
2. Energi apa yang terdapat pada pesawat terbang…..?
3. Mengapa pesawat dapat terbang …..?
4. Dari benda-benda berikut ini manakah yang menerapkan konsep perubahan energi gerak akibat pengaruh udara…….?
a. Lampu
b. Sepeda
c. Setrika
d. Kipas Angin

5. Berikan contoh benda di sekitar mu yang menerapkan konsep perubahan energi gerak akibat pengaruh udara…….! ( 3 contoh )

Kunci Jawaban :

1. Energi adalah ukuran dari kesanggupan benda tersebut untuk melakukan suatu usaha.
2. Energi Gerak
3. Karena akibat dari pengaruh tekanan udara maka terciptalah gerak yang dapat menerbang kan pesawat terbang.
4. D.Kipas Angin
5. Kipas Angin, Layang-layang, Baling-baling mainan..dsb.






Format Pengamatan Diskusi
No Nama Aspek Pengamatan Skor Nilai
Kerjasama Keaktifan Hasil Kerja















Mengetahui, Banjarmasin,7 April 2010
Dosen Mata Kuliah Hormat saya,






Drs.Rusmansyah,M.Pd Annisa Rahmawati
___________________ __________________

2 komentar: